cover
Contact Name
Dessy Wardiah
Contact Email
jurnalwahanadidaktika@gmail.com
Phone
+6285380755167
Journal Mail Official
wahanadidaktika@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani Lr. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang Telp. (0711) 510043 Faks (0711) 514782
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Wahana Didaktika
ISSN : 18295614     EISSN : 26214075     DOI : http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika
Core Subject : Education,
Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu Pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan" : 13 Documents clear
Implementasi Pendidikan Peduli Sosial Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19 Rachmawati Rachmawati
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7772

Abstract

Dalam pembelajaran social yang bersifat konseptual perlu di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk menjawab bagaimana implementasi kepedulian mahasiswa dalam menyikapi situasi sosial yang terjadi di sekitarnya selama masa pandemi Covid-19. Keterlibatan mahasiswa dalam penanganan dampak Covid-19 merupakan wujud dari implementasi nilai-nilai karakter peduli yang telah dipelajari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memanfaatkan data pengalaman mahasiswa yang diperoleh melalui observasi, wawancara virtual, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini bersumber dari hasil jawaban narasi yang disusun oleh mahasiswa di Bekasiberdasarkan pengalaman kegiatan sosial secara individu maupun kelompok pada tahun 2020. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memberikankepedulian sosialnya dengan melakukan pengumpulan bantuan kepada masyarakat terkena dampak kebijakan pemerintah mengenai pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah. Hal ini memiliki dampak pada aspek ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sumbangan dikumpulkan dalam bentuk barang dan dana didistribusikan kepada masyarakat. Selain itu, kepedulian sosial ditunjukkan dengan pelibatan mahamahasiswa dalam berbagai kegiatan sosialisasi, baik secara tatap muka maupun kampanye virtual penanganan Covid-19 di Indonesia.
Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Drama di Sekolah Dasar Liza Murniviyanti; Arita Marini; Maratun Nafiah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7761

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter melalui pembelajaran drama di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Merapi Barat, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil wawancara yang diperoleh dari guru kelas III SD Negeri 5 Merapi Barat ibu Misnaini, S.Pd. terkait kebijakan yang diberlakukan selama ini sudah diimplementasikan di SD Negeri 5 Merapi Barat baik dalam pembelajaran drama maupun lingkungan sekolah. Penemuan dalam penelitian ini adalah dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Pasal 3 terdapat 16 nilai karakter namun dalam pembelajaran drama di SD Negeri 5 Merapi Barat guru hanya menerapkan 8 nilai karakter terdiri dari religius, berakhlak, mandiri, kreatif, sopan santun, gemar membaca dan bertanggung jawab.
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Budaya Sekolah dan Permasalahan Sekolah di SD Negeri Jatisari Nai’lah Cahaya Putri; Syahwa Putri Restivalia; Siswandi Siswandi; Edo Maulana; Dini Agustin; Nazaruddin Akhmad; Didi Pramono
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.6811

Abstract

Pandemi Covid -19 memberikan dampak yang luar biasa di berbagai bidang kehidupan. Salah satu dampak pandemic Covid-19 terjadi di bidang Pendidikan khusunya pada Budaya dan permasalahan sekolah. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui bagaimana perubahan budaya sekolah yang terjadi di SD negeri Jatisari, Permasalahan pembelajaran di SD Negeri Jatisari dan Solusi pengentasan masalah pembelajaran di SD Negeri Jatisari. Metode penelitian karya ilmiah ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis permasalahan dan perubahan sosial budaya dalam sistem pendidikan SD N Jatisari di masa pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, serta study literatur. Dalam melakukan penelitian, peneliti melakukan observasi secara langsung ke SD Negeri Jatisari dan melakukan wawancara secara langsung kepada narasumber guru SD Negeri Jatisari . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perubahan budaya sekolah SD Negeri Jatisari sebelum pandemi covid-19 dan pada saat terjadi pandemi covid-19, kemudian saat pandemic Covid-19 di Negeri Jatisari menghadapi beberapa problematika pembelajaran, Para Guru SD Negeri Jatisari membuat beberapa strategi untuk pelaksanaan pembelajaran dari rumah
Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Ayu Destari; Eni Heldayani; Siti Asiyah
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7150

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi di MA Nurul Iman Ujung Tanjung, metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, materi yang digunakan tetang posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan memberikan perlakuan pada kelas eksperimen berupa pembuatan peta perbatasan laut Indonesia dengan 10 negara tetangga dibuat perindividu yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa, pada kelas kontrol hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata kelas eksperimen 82 dan kelas kontrol 68,25. analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 19,09 > ttabel = 1,664 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di MA Nurul Iman Ujung Tanjung.
Pengaruh Permainan Lari Karung Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak TK Pembina Negeri Muara Enim Dessi Andriani; Hera Malinda
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7848

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan lari karung terhadap kemampuan motorik kasar pada anak di TK Negeri Pembina Muara Enim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif (eksperimen). Sampel penelitian ini adalah Anak kelompok B TK Pembina Negeri Muara Enim berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah obervasi, tes, dan dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan lari karung terhadap kemampuan motorik kasar anak di TK Pembina Negeri Muara Enim. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil hitungan hipotesis Berdasarkan perhitungan yang didapat dari posttest uji hasil normalitas data maka varians- varian dinyatakan homogen. Selanjutnya setelah pengujian normalitas data homogenitas yang dilakukan dan dinyatakan data tersebut berdistribusi normal dan varians dalam penelitian tersebut homogen, maka tahap berikutnya dilakukan pengujian hipotesis dari hasil perhitungan uji-t diatas diperoleh nilai thitung > ttabel atau 12,299   > 1,753 berarti tolak Ho dan diterima Ha, maka hasil hipotesis penelitian ini berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan dengan penggunaan permainan lari karung memiliki pengaruh terhadap kemampuan motoric kasar anak di TK Pembina Negeri Muara Enim.
Pengembangan Modul Digital IPA Materi Sumber Energi Berbasis Contextual Teaching And Learning Muhammad Rizki; Erfan Ramadhani; Ali Fakhrudin
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7193

Abstract

Penelitian didasarkan oleh masalah peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi IPA dan cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Peserta didik juga belum pernah diberikan bahan ajar berupa modul digital. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan modul digital IPA materi sumber energi berbasis Contextual Teaching and Learning yang valid dan layak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Modul digital yang dikembangkan menggunakan model ADDIE level 1 adapun tahapan penelitian pengembangan model ADDIE Level 1 dilakukan dengan membuat produk dalam hal ini peneliti hanya menghasilkan rancangan produk dan tidak disebarluaskan yaitu terdiri dari lima tahapan Analisis (potensi dan masalah serta pengumpulan data) Design, Development (validasi produk), Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket validasi, lembar angket pendidik dan lembar respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan dengan kategori sangat valid berdasarkan lembar angket validasi para ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 91,09%. Modul digital yang dikembangkan dengan kategori sangat layak berdasarkan lembar angket respon peserta didik dalam uji coba dengan nilai rata-rata kelayakan sebesar 89% dan rata-rata kelayakan pendidik sebesar 89,09%. Berdasarkan hasil validasi dan kelayakan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul digital IPA materi sumber energi berbasis Contextual Teaching and Learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Analisis Pemahaman Kompetensi Profesional Guru Pada Muatan Pembelajaran IPS SD Negeri 55/I Sridadi Nur Rohayati; Muhammad Sofwan; Muhammad Sholeh
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7521

Abstract

Hasil dari penelitian ini menunjukan, peranan guru sangat penting dalam membangun kualitas pendidikan. Profesional guru harus bisa dituntut untuk dapat memiliki kompetensi yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai dengam baik. Namun  di SD Negeri 55/I Sridadi pada saat melakukan observasi masih terlihat salah satu indikator tidak masuk dalam profesional guru. Ada 5 indikator yang harus dikuasai guru dalam profesional guru diantaranya (1) Menguasai materi, struktur dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, (2) Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, (3) Mengembangkan mata pelajaran  yang diampu secara skreatif, (4) Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, (5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.                           Pada saat melakukan observasi SD Negeri 55/I Sridadi  Pada Muatan pelajaran IPS pada saat guru mengajar  kurang bervariasi  namun cukup sesuai dengan Rancangan  Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam Melaksanakan Pembelajaran dengan mengkaitkan teknologi informasi dan komunikasi guru sudah cukup paham dalam mengkaitkan teknologi fasilitas seperti proykter, akses internet dan anak juga sudah memiliki handphone sendiri disini terlihat guru cukup paham dalam  menguasai cara penggunaan teknologi dalam mengkaitkan pembelajaan karena dilihat zaman pendidikan yang semakin maju. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru SD Negeri 55/I Sridadi memiliki kompetensi profesional yang baik menguasai materi, struktur, konsep dan pola, menguasai standar kompetensi dasar dan kompetensi inti mata pelajaran, mengembangkan mata pelajaran, mengembangkan keprofesionalan dengan melakukan tindakan reflektif. Kata Kunci: : Analisis, Kompetensi profesional guru, muatan pembelajaran IPS. 
Penerapan Model Resource Based Learning Terhadap Hasil Belajar Teori Sastra Mahasiswa Masnunah Masnunah; Hayatun Nufus; Bila Monika
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7918

Abstract

Dengan dilakukan penelitian mengunakan model pembelajaran Resource Based Learning bermaksud untuk mendapati munculnya pengaruh model pembelajaran Resource Based terhadap hasil belajar teori sastra mahasiswa. Bentuk penelitian yang dilakukan yaitu metode eksperemen pada ancangan deskriptif kuantitatif mengunakan desain pretest-posttest control group design. Pokok kajian mahasiswa prodi Bahasa Indonesia kelas 2A menjadi kelas eksperemen dan kelas 2B menjadi kelas control. Teknik pengumpulan data mengunakan tes. Keadaan ini benar dari hasil analisis data statistik yang diperoleh nilai thitung = 8,75 angka ini lebih besar dari ttabel ada uji t sebesar 2,306 dengan taraf signifikan 0,05%. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan ada pengaruh pembelajaran model Resource Based Learning  terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah teori sastra dengan kata lain Ha di terima Ho ditolak.
BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF PERUBAHAN MORAL DAN TINGKAH LAKU SISWA DI SEKOLAH Suid Saidi
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7963

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara signifikan tentang manfaat bimbingan pada siswa  , dengan melakukan wawancara langsung pada siswa yang telah mendapatkan bimbingan konseling,sehingga penulis dapat mengukur tingkat manfaatnya bagi siswa yang bersangkutan.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif studi kasus, dan sesuai dengan yang diteliti yaitu sebuah kasus yang ada masyarakat,sehingga dapat secara langsung mengetahui,mengukur sejauh mana tingkat manfaarnya.Setelah dilakukan penelitian secara konprehensif kepada 12 orang siswa sebagai partisipan dan informan,penulis melihat masih adanya beberapa hal yang harus perlu pembenahan,agar system pelayanan bimbingan dapat berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan,kesimpulannya seperti hasil temuan dalam penelitian ini,bahwasanya bagian bimbingan ini selain perlu pembenahan juga perlu perhatian dari pemerintah,dan partisipasi masyarakat (orangtua),agar hasil bimbingan   mampu meciptakan sebuah kedisipilinan bagi siswa
Survey Pembelajaran Gerak Manipulatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Murid SDN Unggulan Bontomanai Muhammad Harliawan; Nur Indah Atifah Anwar
Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan
Publisher : Faculty of teaching training and education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7978

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gerak manipulatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani murid SDN Unggulan Bontomanai, jenis penelitian yang digunakan dalampenelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan survey pembelajaran gerak manipulative, Analisis data hasil penelitian mengenai gerak manipulatif dalam passing bawah pada permainan bola voli murid SDN Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa. Selanjutnya menghitung nilai rata-rata hasil tes atau hasil belajar maka data tersebut disusun, diolah dan dianalisis secara statistik dengan menggunakan fasilitas komputer melalui program SPSS, Hasil penelitian yaitu gerak manipulative siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani  termasuk dalam kategori baik sekali. Berdasarkan kategorinya dari hasil penelitian yang masuk dalam kategori kurang sekali sebanyak 10 orang dengan persentase sebesar (28.6%), kategori sedang sebanyak 9 orang dengan persentase sebesar (25.7%), kategori baik sekali sebanyak 16 orang dengan persentase 45.7%. dari hasil tersebut maka kategori siswa berada dalam aktegori baik sekali.Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa rata-rata gerak manipulatif siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani murid SDN Unggulan Bontomanai siswa berada dalam kategori baik sekali yakni sebesar 45.7%, hal tersebut dapat dimaknai bahwa gerak manipulative anak sudah menunjukkan gerak yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan sehingga mereka paham dan mengerti akan gerakan yang dilaksanakan pada materi tersebutKata Kunci: Pembelajaran, Gerak Manipulative

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 1 (2024): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 3 (2023): Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 21 No. 1 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 3 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 2 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 20 No. 1 (2022): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 3 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 2 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 19 No. 1 (2021): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 3 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 2 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 18 No. 1 (2020): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 3 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 17 No. 1 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 3 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 2 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 16 No. 1 (2018): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 3 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 2 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 15 No. 1 (2017): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 3 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 2 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 14 No. 1 (2016): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 3 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 2 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 13 No. 1 (2015): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 12 No. 1 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 3 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 2 (2013): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan More Issue